Badai Milton Siap Menghantam Florida, Warga Diminta Evakuasi Segera!

  • Whatsapp

Ada badai super kuat bernama Milton yang diprediksi bakal menghantam Florida dan bisa membahayakan banyak nyawa! Pejabat setempat sudah memberikan peringatan keras: kalau kamu tinggal di area yang bakal terkena dampak dan nggak segera evakuasi, nyawamu bisa terancam.

Walikota Tampa, Jane Castor, juga bilang penting banget untuk patuh sama perintah evakuasi. “Ini bukan drama. Kalau kamu tetap bertahan di zona evakuasi, kamu bisa mati,” kata Castor dengan serius.

Dilansir dari USA Today, Castor bilang kalau belum pernah ada badai sebesar ini sebelumnya. Badai Milton bakal jadi bencana besar saat sudah sampai di daratan. Saat ini, Milton masuk dalam kategori badai level 4 dan sudah mendekat, hanya berselang kurang dari dua minggu setelah Badai Helene menghancurkan sebagian Florida, Georgia, Carolina, dan Tennessee.

Milton bahkan sempat mencapai kategori 5 saat menghantam Pantai Teluk Florida, dengan kecepatan angin super ngeri hingga 265 km/jam! Diperkirakan, pusat badai akan menerjang Tampa pada Rabu malam atau Kamis dini hari waktu setempat.

Sebanyak 51 daerah di Florida sudah dalam kondisi darurat, dan jutaan orang diminta untuk segera evakuasi. Jalanan jadi penuh sesak karena banyak warga yang berusaha kabur. Gubernur Florida, Ron DeSantis, mengingatkan meski kecepatan angin mungkin melambat, badai ini tetap sangat berbahaya dan bisa makin kuat lagi sebelum sampai di daratan.

“Walaupun melemah, ini tetap badai besar dengan dampak yang sangat serius,” kata DeSantis. Kalau badai ini tetap sekuat sekarang, Milton bisa jadi badai terburuk yang menghantam Tampa dalam 100 tahun terakhir.

Badai Milton juga jadi salah satu dari 40 badai yang pernah mencapai kategori 5 di Atlantik, dan salah satu dari 7 badai yang naik dari kategori 1 ke kategori 5 dalam waktu kurang dari 24 jam. Federal Emergency Management Agency (FEMA) bahkan menyebut Milton sebagai badai dengan pertumbuhan tercepat ketiga di Atlantik, setelah Badai Wilma (2005) dan Felix (2007).

“Saya belum pernah melihat hal seperti ini seumur hidup saya, dan orang-orang yang lahir dan besar di Tampa juga nggak pernah mengalami hal ini. Jadi, semua orang harus segera pergi!” tambah Castor.

Presiden AS, Joe Biden, juga sudah ikut memperingatkan warga. Menurut Biden, Milton bisa jadi badai paling parah yang melanda Florida dalam 100 tahun terakhir. “Jalur badai saat ini diprediksi menghantam Teluk Tampa, melintasi negara bagian, dan mungkin tetap jadi badai saat keluar dari Florida. Ini bisa jadi badai terburuk dalam lebih dari satu abad,” ujar Biden.

Intinya, bagi kamu yang tinggal di Florida atau berada di jalur badai, segera evakuasi sebelum terlambat! Gunakan waktu yang ada untuk melindungi diri dan keluarga. Jangan ambil risiko, karena badai ini bisa sangat berbahaya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *